"..mari berbagi informasi demi kemajuan pangan negeri ...."

Rabu, 13 Oktober 2010

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imunitas)

Pola makan dan asupan nutrisi yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab rendahnya sistem kekebalan tubuh kita. Jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut. Sistem kekebalan tubuh yang kurang dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan lebih rentan terserang penyakit.

Ada banyak cara alami yang dapat digunakan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, misalnya: dengan memilih beberapa sumber makanan yang mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya jamur, makanan yang kaya akan kandungan zink, dan lain sebagainya.

Jamur adalah makanan yang cukup populer untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Ini sangat baik bila tubuh mengalami infeksi. Jamur yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya:
  1. Jamur shiitake; jamur ini memiliki nutrisi paling baik untuk kekebalan tubuh.
  2. Jamur maitake; juga memiliki manfaat yang sama.

Jamur Shitake (hioko) yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Selain itu, makanan yang mengandung zinc dan antioksidan juga cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zinc membantu tubuh meningkatkan kemampuan mencegah peradangan dan infeksi. Zinc membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang menjadi "tentara" dari berbagai serangan virus, kuman, dan bakteri. Sedangkan antioksidan berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Sumber pangan yang kaya kandungan zinc antara lain daging sapi, tiram, daging unggas, susu, dan yogurt. Sementara antioksidan bisa diperoleh melalui konsumsi teh. Teh hijau dan teh hitam kaya kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang baik.

Salam sehat, selamat berakhir pekan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar